Bahaya Menginstal Antivirus Lebih Dari Satu Pada Gadget dan PC

Bahaya Menginstal Antivirus Lebih Dari Satu

Antivirus merupakan suatu program yang memerangi virus berbahaya bagi Smartphone, Tablet, dan PC. Dengan menginstal antivirus yang tepat dan tetap mengupdate-nya secara berkala maka gadget anda akan kebal terhadap infeksi virus yang bertebaran pada saat mendownload sesuatu, email yang masuk, iklan, web porno, menginstal aplikasi dan pada flashdisk.

Banyak sekali program antivirus saat ini, bahkan hampir setengah dari mereka mempunyai versi gratis. Kemudian ada suatu pemikiran baru bahwa mempunyai lebih dari satu antivirus maka akan membuat gadget semakin aman. 

Bahaya Menginstal Antivirus Lebih Dari Satu

Sayangnya, konsep tersebut tidak berjalan dengan baik pada antivirus! Faktanya. Semakin banyak antivirus yang Anda install di sistem Anda, maka akan semakin berantakan. Mungkin kedengarannya aneh, karena anda berpikir bahwa memiliki banyak sistem keamanan maka akan membuat gadget semakin kebal terhadap virus. Namun, ada beberapa alasan mengapa Anda tidak diperbolehkan menginstal beberapa perangkat lunak antivirus pada saat bersamaan. Simak penjelasan berikut ini!

Masalah Kinerja
Ketika antivirus bekerja untuk melindungi komputer Anda, mereka perlu menggunakan sumber daya komputer untuk melakukan pekerjaan mereka. Tidak hanya itu, mereka harus selalu memantau setiap titik masuk potensial yang bisa digunakan virus pada gadget Anda. 

Ini bisa berkisar dari mencolokkan USB untuk mendownload file dari Internet. Dengan demikian, perlu melakukan apa yang disebut "pemindaian real-time" yang memantau tindakan yang dilakukan pada file dan memeriksa apakah terdapat suatu virus pada file tersebut.

Tentu saja hal ini merupakan hal yang baik. Namun, hanya jika anda mempunyai satu antivirus, karena akan memiliki cukup "ruang" untuk menyelesaikan dan melakukan tugasnya. Semakin banyak program antivirus yang Anda tambahkan, maka semakin banyak pula memori yang dibawa oleh antivirus untuk memindai setiap titik yang berpotensial terkena virus. Hal ini akan berakibat lambat-nya kinerja gadget anda.

Pertarungan Anti-Virus

Lebih buruk lagi, Anda akan mendapati bahwa mereka sering bentrok satu sama lain saat melindungi sistem Anda. Tujuan antivirus adalah bekerja secepat mungkin untuk mengisolasi virus saat menginfeksi PC Anda. Ini berarti jika Anda memiliki dua atau lebih antivirus yang akan memantau semua hal yang Anda lakukan pada waktu yang bersamaan. Meskipun awalnya terdengar bagus, hasilnya akan menjadi sangat buruk!

Bahaya Menginstal Antivirus Lebih Dari Satu

Misalnya Anda mendownload file dari Internet. Antivirus yang bagus akan menangkap tindakan ini dan segera melakukan pemindaian pada folder tersebut untuk memastikannya tidak terinfeksi virus. Sayangnya, jika Anda telah mendownload beberapa antivirus yang bagus, itu berarti mereka semua akan saling menarik untuk memindai file sekaligus. 

Anda mungkin menemukan file tersebut menemui jalan buntu di mana setiap antivirus mencoba mengklaim kepemilikannya, dan Anda mungkin akan mendapati penurunan kinerja sistem saat ini terjadi.

Ketika sebuah file ternyata menjadi virus, beberapa antivirus dapat berakhir dengan membuat masalah lebih dari yang seharusnya. Keduanya ingin menghapus virus dengan menggunakan cara mereka sendiri, yang akan menyebabkan keduanya bertanya kepada Anda apakah Anda ingin mengarantina mereka. Sayangnya, mereka hanya akan benar-benar menerima karantina jika mereka yang melakukan karantina. 

Jika Anda mengizinkan seseorang untuk mengkarantina virus dan menolak yang lain, antivirus kedua tersebut dapat menangkap file tersebut di karantina antivirus pertama dan terus mengingatkan Anda akan ancaman virus, maka virus tersebut akan tetap ada dan mengancam gadget anda!

Menuduh satu sama lain
Efek terburuk dari beberapa antivirus yang bekerja sama adalah bahwa mereka tidak akan saling mempercayai satu sama lain. Ketika antivirus melakukan tugasnya, ia menganggap itu satu-satunya yang terinstal. Oleh karena itu, jika mereka mendeteksi pemindaian antivirus kedua melalui file, mereka akan menganggap itu sebenarnya virus. 

Kejadian ringannya, Anda akan dibombardir dengan peringatan virus palsu saat antivirus saling melihat satu sama lain. Kejadian buruknya, mereka mungkin mulai mencoba untuk menghapus file masing-masing yang akan menyebabkan ketidakstabilan sistem dan file penting akan rusak.

Akhir Cerita
Saat meneliti perangkat lunak antivirus, Anda mungkin merasa tergoda untuk mendownload dan menjalankan beberapa program untuk meningkatkan keamanan Anda. Yang benar adalah, ini jauh dari ideal! Pilih satu antivirus yang paling banyak Anda gunakan dan gunakan yang satu iu saja. Jika Anda ingin mengamankan komputer dan gadget Anda sebanyak mungkin, baca ulasan antivirus dan pilih yang terbaik.

Apakah Anda menggunakan antivirus lebih dari satu? adakah pengalaman anda yang berhubungan dengan topik kali ini? beritahu kami pada kolom komentar di bawah! 

https://www.analysis.eu.org/2020/11/bahaya-menginstal-antivirus-lebih-dari.html
LihatTutupKomentar